"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

KEGIATAN NASIONAL, GURU HARUS KENAL



Sumber: Koleksi Pribadi


Jika Anda berprofesi sebagai seorang guru, alangkah indah dan bijaksana apabila mengenal kegiatan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi pemerintah yang memang sengaja ditujukan khusus bagi guru. Kegiatan yang dimaksud tentu banyak sekali ragamnya. Dari workshop, seminar, hingga lomba yang bertaraf Nasional. Tujuan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut pada intinya adalah agar potensi yang dimiliki oleh guru se-Indonesia semakin terasah dan mengalami peningkatan. Mau tidak mau, pengalaman yang didapat dari bertemunya dengan guru-guru dari daerah lain pada level Nasional, tentu saja berdampak positif. Banyak sekali sharing pendidikan yang terjadi di sana. Bahu-membahu dalam karya, demi meningkatkan hasil pembelajaran siswa merupakan cita-cita mulia seorang guru dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.






Apalagi kemudian muncul jalinan persaudaraan antar pendidik se-Indonesia. Hasilnya, ternyata tidak sekedar lomba, karena memang masing-masing individu akhirnya terlihat tidak lagi menganggap sebagai saingan satu dengan yang lain. Bantu-membantu untuk menyempurkan sebuah karya dan perlengkapannya adalah tradisi sangat bagus luar biasa. Walaupun berlomba, workshop, seminar dan “dinilai”, namun semua berjalan dengan penuh rukun diantara sesama peserta. Mengapa? Karena, pada setiap kegiatan tersebut pasti ada Juknis atau Pedoman. Jadi, para guru dengan sendirinya pun menyadari dan mengakui keunggulan maupun kelemahan karya yang dimiliki oleh diri-sendiri, juga menghargai hasil karya orang lain. Petunjuk yang diberikan oleh Juknis, Pedoman dari sebuah kegiatan ternyata sanggup untuk mengembalikan koreksi diri tentang kualitas sebuah karya, dikembalikan serta disesuaikan dengan kriteria yang ada didalamnya. Akhirnya semua tahu tentang aspek penilaian sebuah karya yang baik, karena telah dipaparkan dalam Juknis dan kiranya dapat dibuat dengan ukuran pertanyaan sebagai berikut; Aslikah atau plagiat? Mempunyai daya tarik atau tidak? Unik-kah? Ekslusif-kah? Adakah unsur kebaruan di dalamnya? Sudah sistematis atau belum? Mudah digunakan oleh orang lain atau tidak? Mampukah mengilhami pengguna lain? Karya yang dibuat, mempunyai manfaat dalam peningkatan pembelajaran ataukah sebaliknya? Dari panduan ini saja, tentu akan membuat guru semangat untuk berusaha menyesuaikan karyanya agar sesuai dengan kriteria. Serta menjadi introspeksi, jika pada kenyataannya karya yang dibuat masih jauh dari ketentuan yang ditetapkan tersebut. 

Baiklah, berikut ini ada beberapa link yang patut dikunjungi, bila Anda ingin ikut serta dalam kegiatan berskala Nasional:

1.      Kesharlindung
Alamat pertama: KESHARLINDUNG DIKDAS diperuntukkan bagi guru-guru SD dan SMP. Sementara alamat kedua: KESHARLINDUNG DIKMEN, dikhususkan untuk guru-guru SMA/SMK. Agar dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, setiap guru diwajibkan mempunyai akun pada situs tersebut. Dari Pendaftaran hingga pelaksanaan kegiatan tidak dipungut biaya alias gratis seratus persen. Adapun kegiatan bertaraf Nasional yang dapat diikuti melalui link  ini apabila sudah berhasil login diantaranya; INOBEL, Seminar Nasional, GUPRES, OGN, Anugerah Konstitusi, Bimtek, Literasi, Workshop dan lain sebagainya.

2.      P4TK Matematika Yogyakarta
Jika Anda mengunjungi tautan http://p4tkmatematika.org/ , maka di halaman muka website ini akan terbaca kegiatan Nasional apa saja yang dapat diikuti. Kegiatan di sini lebih dominan kepada Mata Pelajaran Matematika. Masing-masing kegiatan, ada yang memang bersifat tetap diadakan setiap tahun, seperti ONIP, SENDIMAT. Juga ada yang bersifat sewaktu-waktu, mungkin didasarkan pada kebutuhan yang ada, seperti; pelatihan, bimtek, workshop dan lain-lain.

3.      P4TK IPA Bandung
Ini adalah alamat website P4TK IPA Bandung; http://p4tkipa.kemdikbud.go.id/. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dari sini pun Anda dapat mengakses informasi tentang kegiatan-kegiatan senada yang berkaitan dengan IPA. Rajin-rajinlah mengunjungi alamat ini, jika memang hati berkeinginan besar ikut kegiatan yang diselenggarakan oleh P4TK IPA di Bandung.

4.      P4TK PKn IPS Malang
Ini adalah alamat website P4TK PKn IPS Malang; https://p4tkpknips.kemdikbud.go.id/ .  Anda dapat mengintip serta mengikuti kegiatan apa saja yang diselenggarakan oleh pusatnya Mata Pelajaran PKn dan IPS ini.


Sementara, mungkin baru beberapa alamat di atas yang mampu ponimanis.blogspot.com himpun. Tentunya masih banyak lagi yang mungkin belum terpublikasi. Keputusan apa yang akan diambil setelah mengetahui keberadaan kegiatan-kegiatan berskala Nasional tersebut, sepenuhnya ada di tangan Anda. Aktif ataukah akan Pasif? Semuanya tergantung dari minat dan motivasi dari masing-masing guru itu sendiri. Selamat berkarya, belajar dan terus belajar. Sebagai referensi, kiranya berkenan membuka dan membaca berbagai artikel DI SINI atau mencoba mengenang goresan keindahan dengan berpuisi DI SINI. Terima kasih atas kunjungan sahabatku di Web sederhana ini. Mohon maaf, jika ada khilaf dan salah yang tercipta.


No comments:

Post a Comment