"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

Bertemu Bapak Menteri (Bagian 5)

Edisi 4 Februari 2021


JALAN KEDUA BERTEMU BAPAK MENTERI

Mereka, para siswa mendambakan suasana asyik pada saat belajar. Suasana yang mampu membuat semangat mereka berapi-api terhadap suatu materi pelajaran. Hal ini dapat diwujudkan, jika seorang guru pandai mengorganisir kemampuan mengondisikan kelas melalui ide-ide baru. Ide-ide yang dituangkan dalam praktik Belajar-Mengajar sehari-hari.


Dalam rangka itulah, saya selalu dan selalu belajar ke arah hal tersebut. Semampu dan sedapat mungkin  Permasalahan yang dialami siswa dalam mata pelajaran Matematika di tahun 2015, kemudian saya kemas dan saya carikan jawabannya menjadi sebuah karya. Bagaimana, membuat para siswa menjadi senang terhadap pelajaran matematika. Tentu saja, ini merupakan sebuah PR yang tidak mudah. Namun, saya terus berusaha mencari solusi dan akhirnya saya temukan sebuah cara sederhana berupa game sederhana yang hanya mengandalkan program bawaan windows, yakini Microsoft Office Excel. 


Sebuah usaha yang ternyata tidak sia-sia. Karena, pada tahun 2017, ketika P4TK Matematika yang ada di Yogyakarta membuka kesempatan kepada semua guru yang mempunyai inovasi, untuk berperanserta dalam Lomba ONIP (Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran) bidang studi Matematika. Saya sangat bersyukur, karena Alhadulillah, dari sekian karya Guru di Indonesia, hasil karya ilmiah yang saya kirim, berhasil terpanggil sebagai Peserta Finalis ONIP tahun 2017. 



Sumber: Foto Koleksi Pribadi


Bersambung ......

No comments:

Post a Comment