"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

ALBUM VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Sahabat ponimanis.blogspot.com yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang karya Inovasi Pembelajaran saya yang berhasil masuk sebagai Finalis Lomba INOBEL Tahun 2016. Sebuah karya yang mungkin biasa-biasa saja. Adapun yang melatarbelakangi terciptanya karya ini adalah keberadaan nyanyian Bahasa Inggris yang termaktub di dalam buku pelajaran, menurut saya sudah bagus, hanya nyanyian tersebut rata-rata kurang begitu gamblang kepada titik materi dan masih banyak yang menirukan intonasi lagu yang lainnya.

Dengan menggunakan Laptop dan software OMB yang saya jadikan sebagai pengiring lagu-lagu yang saya ciptakan, syukur Alhamdulillah 10 lagu pun berhasil dibuat melalui aransemen yang seadanya dan sangat sederhana. Namun, ternyata berhasil menawan hati Dewan Juri sehingga terpanggil masuk nominasi ke Tingkat Nasional.

Sumber: Koleksi Arsip Pribadi
Proses pembuatan lagu yang tidak sebentar, dimulai dari tahun 2014 dan langsung dipraktikkan dalam pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), sehingga kadang mengalami revisi di sana-sini supaya betul-betul menjadi sebuah lagu yang enak didengar dan mudah dihafalkan oleh siswa-siswi. Mereka adalah anak-anak yang luar biasa dengan beragam talenta yang dimiliki. 


Keberadaan sekolah kami, yang waktu itu belum mempunyai orgen, membuat saya mencari alternatif alat penggantinya. Maka, bertemulah dengan informasi di dunia maya bahwa laptop dapat dijadikan sebagai Orgen. Perasaan bahagia bercampur syukur tiada terkira, manakala dari segi suara, style lagu dan instrumen ternyata tidak kalah dengan musik yang ada dipanggung. Dari sini, kemudian saya memberanikan diri mencipta, mencipta dan menciptakan lagu demi lagu.


Sumber: Koleksi Arsip Pribadi

Semangat kian membara, ketika pembelajaran dihubungkan dengan media IT sebagai perwujudan untuk menyambut Revolusi Industri 4.0. Tentunya, dengan segala keterbatasan yang ada, berusaha semaksimal mungkin turut serta memberdayakan sarana Digital dalam proses mengajar. Semoga, pengalaman ini, mampu memberi isnpirasi, spirit dan motivasi kepada rekan-rekan guru di mana pun berada. Mohon maaf, atas segala khilaf dan salah yang tercipta.

Video proses pembuatan lagu hingga berbentuk album yang siap dinikmati, dapat disimak perjalanan tersebut di Website berbasis konten video:
Klik di bawah ini:
https://www.ponimanis.com/

dan Channel Youtube saya:
Klik di bawah ini:
Terima kasih. Terus berkarya dan temukan Inovasi-inovasi terbaru Anda.


No comments:

Post a Comment