"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

Rekayasa Transfer Materi Bahasa Inggris Menjadi Lagu untuk Memacu Animo Belajar Siswa

12 Desember 2016

Sahabat ponimanis.blogspot.com yang tercinta,
Berikut ini adalah Abstrak Karya Inovasi Pembelajaran yang berhasil masuk sebagai Finalis INOBEL tahun 2016. Semoga dapat menjadi inspirasi pembaca dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Belajar Bahasa Inggris selalu dianggap momok bagi sebagian besar anak. Pada observasi awal pembelajaran di kelas Kelas Tinggi (Kelas VI SDN 1 Kresnomulyo), terdapat sebuah permasalahan bahwa ternyata siswa pasif dalam mengikuti Pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan oleh guru. Hal ini mengakitbatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, tidak sesuai dengan harapan. Peneliti kemudian menerapkan model sistem Pendekatan Pembelajaran melalui MENCIPTA LAGU.  Karena dengan demikian ternyata siswa menjadi mengerti dan mudah mengingat pelajaran yang diberikan. Kelemahan lagu Bahasa Inggris yang beredar dan ada di buku cetak saat ini adalah karena rata-rata yang dilagukan itu bukanlah materi atau kaidah dari Bahasa Inggris itu sendiri. Sebuah penelitian yang penulis telah implementasikan kurang lebih 1 tahun, sehingga mudah dipahami perkembangan dan output yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari Nilai yang didapat siswa yang menunjukkan angka fantastis setelah menempuh beberapa masa ujian, baik ujian semester, maupun Ujian Sekolah berskala Nasional tahun ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Saran, untuk kepala sekolah hendaknya dapat memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru agar menerapkan Bernyanyi Materi Bahasa Inggris dalam pembelajaran.



Demikian Abstrak yang dapat dishare di sini. Untuk karya lengkap dan mekanisme penyusunan yang sesuai dengan Panduan Lomba INOBEL, mungkin dapat diinformasikan pada suatu saat nanti. Selamat berinovasi. 

No comments:

Post a Comment