"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

Wow.... Blog!


Edisi 14 September 2018

Sumber: Koleksi Pribadi

Mendengar kata Blog, jangan buru-buru pesimis. Harus optimis dong. Karena, dengan Blog, yang belum tahu akan menjadi tahu. Banyak ilmu pengetahuan yang bisa di dapat dari sebuah Blog. Blog sendiri sebenarnya adalah sebuah singkatan. Kepanjangannya Web Log, merupakan aplikasi web yang bentuknya berupa tulisan, lalu dimuat pada halaman web. Untuk dapat melihat tulisan tersebut, diantara syaratnya hendaklah mempunyai akses internet. Nah, saya sederhanakan supaya lebih mudah mungkin seperti ini: Blog itu halaman di internet sebagai sarana kita menulis ide apa saja agar bisa dibaca sahabat-sahabat kita di belahan dunia. Seperti yang tengah sahabat lakukan saat ini, tentu sedang mengunjungi Blog saya, bukan? Sebenarnya, tidak perlu berfikir yang sulit-sulit. Kalau berawal dari hobi dan cinta, tentu segalanya akan terasa enjoy-enjoy saja serta indah. Sekedar informasi, bahwa Tautan WWW.PONIMAN.TOP ini, ya awalnya berasal dari blog lho? Tidak percaya? Coba ketik di bar alamat; http://ponimanis.blogspot.com/ , pasti akan sampai juga ke Website dengan domain TOP tadi. Bagi yang ingin membuat blog dan benar-benar baru pertama kali ingin mencobanya menjadi sebuah kenyataan, satu ungkapan saja, Jangan Takut. Mulailah dengan hati, yakin bisa!. Sehingga segala ide, tujuan, akan dapat tertuang serta budaya tidak pelit ilmu (mau berbagi) semakin tersebar manfaatnya. Lalu, mesti dimulai dari mana agar bisa dan berani membuat blog?



Dimulai dari motivasi diri sendiri. Selama semangat yang muncul bermuara dari diri sendiri itu kuat, maka akan bermunculan kenyataan-kenyataan yang kadang di luar dugaan. Cobalah diingat, beberapa waktu silam disaat baru-barunya mengenal internet. Semua orang berani klik sana klik sini dan ternyata hasilnya bisa. Percayalah, membuat blog juga seperti halnya Anda pertama kali bermain Facebook, BB, Whatsapp, dan aplikasi lain yang juga membutuhkan sentuhan sedikit ilmu pengetahuan. Dari kurun waktu yang telah terlampaui, akhirnya bisa familier juga dengan berbagai perangkat lunak tadi, bahkan cenderung mahir dan bukanlah suatu kendala. Coba saja bayangkan, bila memulai klik blog, lalu tergerak dengan klik sana, klik sini, seberapa pun hasilnya, tentu bukanlah suatu masalah. Terdapat beberapa motivasi yang mungkin boleh ditaksir dan berkecamuk dalam diri, melatarbelakangi pembuatan sebuah blog, anda termasuk yang mana?
1.     Motivasi hobi
    Hobi tidak bisa dipisahkan dari rasa senang. Senang yang spesial, bila itu menyangkut tentang pekerjaan biasanya akan menghasilkan cara kerja yang “telaten”. Demikian halnya, jika dalam membuat blog di support dengan energi hobi, maka dapat dipastikan dalam melakukan hal tersebut, sangatlah jauh dari kata mengeluh, kendati pun banyak kendala datang menghadang.
2.      Motivasi penasaran
Awal mula dari tergerak ingin mengetahui sesuatu, lazimnya bermuara pada rasa penasaran. Semakin besar tingkat kekuatan penasaran, semakin besar pula motivasi sebagai pendorong terhebat dalam rangka melakukan sesuatu yang dijadikan obyek sumber rasa penasaran tersebut. Semakin penasaran terhadap blog yang mendalam, maka imbasnya adalah segera ingin dapat menaklukkan seluk-beluk blog secara detail dan sangat puas jika kemudian mampu membuatnya, apalagi dalam perasaan sudah tidak lagi berkecamuk rasa takut serta minder bahkan dianggap sebagai pekerjaan yang biasa-biasa saja. 
3.      Motivasi bisnis
Motivasi jenis yang satu ini, juga sangatlah efektif untuk serius cepat bisa dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Manakala keinginan untuk segera memajang aneka ragam produk yang ingin dijual semakin kuat, maka hasrat agar langsung bisa membuat blog pun kian menjulang tinggi. Tidak mengenal istilah putus asa. Karena yang terbayang adalah keindahan dan dampak positif yang melimpah ruah pada bisnis yang akan dijalankan melalui website.
4.      Motivasi Tuntutan
Gerak semangat untuk segera bisa, yang dipicu oleh adanya tuntutan pun mempunyai sugesti sangat besar. Apabila seseorang dituntut “harus bisa” blog, dampak yang ditimbulkan akibat dari tuntutan tersebut akan segera terealisasi dan terlihat dalam kenyataan. Tidak kenal gengsi untuk mencoba dan mencoba. Tidak takut apabila dicemooh karena blognya masih amburadul penataannya di sana-sini
5.      Motivasi Hiburan
Dorongan yang muncul dari jiwa hiburan, walaupun kelihatan di awal-awal lamban dalam pengerjaan, motivasi sekedar buat hiburan ini lambat-laun mampu mencapai pembuatan blog yang berkualitas tinggi. Awal mula dari hiburan, ternyata blognya dapat menghibur dirinya sendiri hingga mendatangkan rasa refresh yang menyenangkan. Segala pengerjaan blog pun dianggap menyenangkan serta bukanlah sebuah masalah. Kendatipun, terkadang datang beberapa kendala.


Dari beberapa motivasi yang tertulis, tentunya masih terselip motivasi lain yang kemungkinan belum tersurat di sini. Bagaimana akan punya bukti tulisan di blog, jika berdiam diri dan tanpa menyimpan motivasi. Melalui jalan mana, motivasi yang dimiliki seseorang, tidaklah begitu penting untuk diperbincangkan, apalagi diperdebatkan. Sekarang, tinggal lihatlah blog yang Anda mulai kerjakan tersebut. Lihat, lalu teruskan. Lihat, lalu perbaiki mana yang masih kurang. Jangan galau, bila sudah datang DI SINI. Jangan bimbang, jika memulai sebuah KEBAIKAN. Mohon maaf atas segala khilaf dan kesalahan.


No comments:

Post a Comment