"Menemukan sesuatu hingga menjadi begitu berarti"

MENGUBAH FILE MENJADI ZIP (Offline)

Edisi 27 September 2018


Sahabat ponimanis.blogspot.com yang tercinta,
Untuk berbagai macam keperluan, misalnya syarat pendaftaran lomba, syarat pengiriman naskah buku, untuk melengkapi syarat dalam rangka melamar pekerjaan atau hal lainnya, kadang dituntut dan diharuskan dalam bentuk file berekstensi ZIP. Nah, dalam kesempatan ini, kendatipun jauh dari kata sempurna akan dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut: 



  1. Download terlebih dahulu software ZIP di SINI
  2. Jika sudah selesai mendownload, klik dua kali pada file tersebut. Maka akan muncul kotak informasi seperti ini:
  3. Klik satu kali pada kata "Yes", maka akan berubah tampilan menjadi:
  4. Sementara abaikan kotak yang lain, fokus pada kata "Install", klik satu kali dan penginstalan pun akan berjalan seperti ini:
  5. Setelah proses penginstalan berhenti (sangat cepat), tinggal klik pada kata "Close"
  6. Penginstalan program ZIP selesai
  7. Sekarang kita buktikan untuk membuat file berkekstensi ZIP. File yang akan di ZIP bisa satu atau lebih dari satu. Bila lebih dari satu, sebaiknya masukkan dalam folder dan diberi nama folder tersebut sesuai dengan keinginan kita. Misalnya di sni saya beri nama Folder "PIAGAM".
  8. Ingat, Klik kanan pada folder "PIAGAM" tersebut, maka tampilannya sebagai berikut:

  9. Carilah kata 7-Zip seperti pada nomor 1, biarkan kursor berhenti disitu, maka akan muncul di sebelah kanan beberapa perintah sesuai dengan apa yang kita inginkan, 
  10. Klik pada "PIAGAM.zip", biarkan berjalan sendiri proses perubahan segera berjalan:
  11. Jika file tidak terlalu besar, maka proses akan berjalan sangat cepat sehingga tiba-tiba muncul;
  12. Ini pertanda bahwa Anda telah berhasil mengubah Folder Piagam menjadi ZIP (yang bawah). Sekarang terlihat ada 2 file dengan nama sama seperti Folder yang kita buat di awal, bukan?
  13. Selesai
Mudah-mudahan keterangan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Apabila fikiran terlalu tegang, sebaiknya refresing dulu di SINI. Atau mungkin sedang bingung mencari cara supaya file gambar Anda berubah jadi PDF, klik kiatnya di SINI. Semoga berkenan, mohon maaf bila terdapat khilaf dan salah. Kritik dan saran senantiasa terbuka. 





No comments:

Post a Comment